Bulan Sya’ban Bulan Laporan Amal.

yang sangat diperhatikan oleh Nabi Muhammad S.A.W.  dengan melakukan puasa hingga sering kali beliau berpuasa sebulan penuh sampai tibanya bulan Ramadhan, sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Albukhori Muslim Abu Dawud dan Atturudzi dari ‘Aisyah r.a. berkata :

.مارأيت رسول الله صلى الله عليه واله وسلم استكمل صيام شهر إلا رمضان وما رأيته أكثر صياما فيه في شعبان , كان يصومه إلا قليل بل كان يصومه كله

: saya tidak melihat Rosulalloh menyempurnakan puasa sebulan penuh selain romadhon dan saya tidak melihatnya lebih banyak puasa dari bulan ramadhan itu ialah di bulan sya’banya’ adalah beliau melakukan puasa kecuali sedukit [beliau tak puasa] bahkan beliau melakukan puasa sebulan penuh pada bulan sya’ban itu.

Demikian juga telah diriwayatkan oleh : Atturmudzi dari Ummi Salamah  r.a. ia berkata :

.ما رأيت رسول الله صلى الله عليه واله وسلم يصوم شهرين متتابعين إلا شعبان ورمضان

: tidaklah saya melihat rosulalloh berpuasa terus menerus dua bulan kecuali bulan sya’ban dan ramadhan.

dengan penjelasan hadist hadist itu kita dapat mengetahui bahwa rosululloh s.a.w. sering berpuasa di bulan sya’ban dengan penuh hingga sambung dengan bulan ramadhan. Mengapa demikian dan mengapa rosululloh sangat memperhatikan bulan sya’ban itu? Hal ini telah diriwayatkan Oleh Al Imam Annasaiy dari Usamah bin Zaid r.a. ia berkata :

.قلت يا رسو الله لم أرك تصوم شهرا من الشهورما تصوم من شعبان , قال : ذلك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين , فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم

: saya pernah berkata ya rosulalloh saya tidak pernah melihat tuan berpuasa sebula dari pada bulan-bulan itu seperti yang tuan berpuasa pada bulan sya’ban. Beliau berkata : itu adalah bulan banyak orang yang melalaikannya, bulan antara rajab dan ramadhan dan itu adalah bulan yang diangkat didalamnya semua amal kepada alloh, maka aku senang ketika amalku diangkat aku dalam keadaan berpuasa.

kalau kita membaca Hadist-hadist  yang lain di sana kita akan mengetahuai bahwa Amal-amal perbuatan manusia dilaporkan oleh Malaikat-malaikat petugas kepada Alloh s.w.t. meskipun alloh telah maha mengetahui nya semuanya. Akan tetapi masih munugas malaikat untuk menjaga kita, mencatat amal-amal perbuatan kita dan melaporkannya kepada Alloh demi kepentingan maslahah dan manfa’at kita bangsa manusia agar kita waspada , berhati-hati dan sadr serta ingat hingga dapatlah kita meluruskan Amal-amal perbuatan kita dan mensesuaikan dengan garis-garis syariat Alloh s.w.t. serta mengikuti batas batas Hukumnya.

-laporan itu ada yang harian ialah setiap pagi dan sore, atau laporan amal perbuatan malam sebelum siang dan amal perbuatan siang sebelum malam, ada yang mingguan ialah pada hari senin dan kamis dan ada yang tahunan yaitu pada bulan Sya’ban.

Diambil dari tulisan Habib Alwy bin Salim Alaydrus.

Bagikan artikel ini di (matikan Adblock Plus, Add-ons atau Extensions sejenis, agar icon dibawah ini muncul):