Logo MTI 500px

PROFIL MAJELIS TA’LIM AL-ISLAMY

Majelis Ta’lim Al-Islamy adalah majelis yang didirikan oleh Al Maghfurlah Al ‘Allamah As Sayyid Al Habib Alwy bin Salim Alaydrus pada  13 Dzul hijjah 1402 H/01 Oktober 1982 M di kota malang.

Didirikannya Majelis Ta’lim Al-Islamy adalah sebagai sarana dakwah islamiyah, dengan metode dakwah kelilingan yang tempatnya berpindah-pindah dari satu daerah berpindah kedaerah yang lain, diadakan dua kali dalam satu bulan dan waktunya adalah hari senin malam selasa setelah isya’. Majelis ini berisikan acara pembacaan Maulid Nabi dengan memakai kitab Maulid Diba’ dengan diiringi terbang Ashari, kemudian dilanjutkan ta’lim yang diasuh langsung  oleh Al Maghfurlah sendiri.

Kegiatan Majelis Ta’lim Al-Islamy bukan hanya kelilingan majelis sholawat dan ta’lim saja tapi ada juga pembacaan Istighosah yang diadakan keliling tiap malam jumat sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Istighosah yang dibaca adalah istighosah yang disusun sendiri oleh Al Maghfurlah.

Majelis Ta’lim Al-Islamy merupakan majelis pertama kelilingan yang ada di malang raya, jauh sebelum adanya majelis-majelis lain dan merupakan majelis ta’lim yang terbesar pada saat itu. Pernah suatu ketika acara Majelis Ta’lim Al-Islamy di masjid jami’ gondang legi dengan iring-iringan mobil dan truk yang membawa jamaah untuk hadir diacara tersebut sepanjang kurang lebih lima kilo meter mulai dari Jl.I R Rais/Tanjung sampai ke pertigaan Kacuk/Jl.Satsui Tubun.

Struktur organisasi kepengurusan Majelis Ta’lim Al-Islamy pada waktu itu memiki struktur yang sudah lengkap mulai dari ketua sampai dengan koordinator. Untuk koordintor Majelis Ta’lim Al-Islamy terbagi menjadi dua, yaitu koordinator wilayah dan koordinator  terbang  jidor.

Salah satu agenda tahunan Majelis Ta’lim Al-Islamy adalah acara gebyar takbir malam hari raya dengan jumlah pemukul terbang sebanyak +/- 600 orang, dengan 30 orang pemukul ketipung dan 20 orang pemukul jidor.

Dan termasuk agenda tahunan Majelis Ta’lim Al-Islamy adalah gerak jalan sholawat yang pesertanya mencapai kurang lebih 4000 orang terdiri dari masyarakat umum, jajaran TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara serta Kepolisian.

Majelis Ta’lim Al-Islamy juga sering mengadakan maulid dan ta’lim bersama pejabat-pejabat tinggi negara seperti Gubernur, Walikota, Panglima TNI, Kapolri, Pangdam dan Komandan Kodim.

Untuk membantu penyebaran dakwahnya, Majelis Ta’lim Al-Islamy juga membentuk korwil-korwil disetiap daerah seperti korwil batu, gondanglegi dan lainnya. Bahkan saat itu korwil kota malang dan batu mencapai kurang lebih 40 korwil.

Setelah Al Maghfurlah Al ‘Allamah As Sayyid Al Habib Alwy bin Salim Alaydrus wafat pada tahun 1995 M, acara rutinan maulid kelilingan ini sempat terhenti. Adapun acara selain maulid kelilingan tetap berjalan seperti biasa, seperti majelis istighosah yang diadakan setiap malam jumat.

Dan Alhamdulillah pada bulan april tahun 2013, Majelis Ta’lim Al-Islamy ini diaktifkan kembali oleh putra beliau(Al Ustadz Al Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus, selaku Ketua Majelis Ta’lim Al-Islamy) dan cucu beliau(Al Ustadz Al Habib Muhammad bin Abdullah Alaydrus, selaku Wakil Majelis Ta’lim Al-Islamy) untuk meneruskan misi dakwah Al Maghfurlah Al ‘Allamah As Sayyid Al Habib Alwy bin Salim Alaydrus, dengan metode dakwah sedikit ada perbedaan dengan Majelis Ta’lim Al-Islamy sebelumnya, yaitu kitab maulid yang dibaca sebelumnya adalah Maulid Diba’, sekarang dengan membaca kitab Maulid Addiyaullami’ karangan Al Habib Umar bin Hafidz(guru dari pengasuh yang sekarang ini) dan diiringi dua hadrah, yaitu hadrah terbang jidor yang penerbangnya dari jama’ah Majelis Ta’lim Al-Islamy lama dan terbang jidor al banjari dengan penerbang dari santri Pondok Pesantren Darutta’lim Wad Da’wah.

Demikianlah profil singkat dari Majelis Ta’lim Al-Islamy, semoga Allah memberi keistiqomahan, keberkahan, kekuatan, kepada para penerus perjuangan Al Maghfurlah Al ‘Allamah As Sayyid Al Habib Alwy bin Salim Alaydrus begitu pula kepada seluruh pengurus, pembantu dan para muhibbin sekalian.

Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.