PROFIL PONDOK PESANTREN DARUTTA`LIM WAD DA`WAH

AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS

Alhamdulillah segala pujian hanya milik Allah SWT semata, Pencipta dan Penguasa seluruh alam. Sholawat dan salam kepada utusanNya yg terakhir, junjungan dan tauladan ummat, Nabi besar Muhammad SAW.

Seiring dengan berjalannya waktu yang terus berjalan dan perkembangan zaman, banyak hal dari usaha–usaha ataupun jerih payah para pendahulu yang bersusah payah mengenalkan, mengajarkan ilmu dan mengamalkannya sebagai perintah dari Allah SWT dan yang bertujuan untuk kemaslahatan dan kemajuan ummat. itulah jalan para nabi Allah yang diutus dan para waliNya yang shalih serta para ulama yang beramal dan memiliki ilmu serta keyakinan yang kokoh. Khususnya bagi ummat Islam dan negara Indonesia umumnya.

Diantara perwujudan dari cita–cita mulia tersebut, sebuah pondok pesantren telah didirikan sejak tahun 1987 M, oleh seorang ulama dan da’i ilallah Almarhum Al Maghfurlah Al Habib As Sayyid Alwy bin Salim Alaydrus yang berasal dari JL.I R Rais/Tanjung No.7 Malang, dengan nama Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS

Adapun secara geografis Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS terletak sekitar 6 Km selatan pusat kota Malang, tepatnya berada di Jl.Kyai Parseh Jaya No.23 RT.03/RW.01 Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Pesantren ini berada di atas tanah seluas ± 2000m2. Adapun dalam bangunan pesantren ini terdapat 4 ruang kelas, 1 ruang guru dan kantor, 4 ruang tidur santri, 3 pendopo untuk pengajian umum masyarakat sekitar sekaligus sebagai musholla bagi para santri dan 1 ruang untuk perpustakaan.

Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS pada tanggal 16 Agustus 1999 telah memantapkan diri menjadi sebuah YAYASAN Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS yang diketuai oleh Al Habib Abdullah bin Alwy Alaydrus. Dengan nomer yayasan 74/YYS/1999. Sedangkan kegiatan operasional, kegiatan belajar mengajar dan pengajian rutin dipimpin oleh Al Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus.

Mulai pada tahun ajaran 1425H-1426H Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS memiliki santri sejumlah 34 orang putra yang sebagian besar berasal dari masyarakat setempat dengan usia diatas 13 tahun/lulusan SD atau MI yang telah dikelompokkan sesuai dengan kemampuannya yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu Mustawa Ula dan Mustawa Tsaniyah dengan sistem pengajaran klasikal.

Dan Alhamdulillah proses belajar mengajar tetap terus berjalan dan tidak pernah kosong mulai sejak awal dibuka sampai sekarang ini. Hanya saja ketika Al Maghfurlah Al Habib As Sayyid Alwy bin Salim Alaydrus wafat terjadi penurunan jumlah santri, bahkan hampir banyak mengira bahwa proses ta’lim belajar mengajar sudah tidak ada. Alhamdulillah setelah sepulangnya putra Al Magfurlah, Al Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus dari menimba ilmu di Darul Mustofa Yaman Hadramaut pada tahun 2003, menjadi pulih kembali.

Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS semula dibatasi 40 orang santri dan karena banyaknya orang tua yang ingin menitipkan anaknya tidak sedikit yang ditunda, maka pada awal tahun 2015 jumlah santri yang dibatasi naik menjadi 60 orang. Jumlah santri sebanyak 60 orang ini berasal dari berbagai daerah seperti baran, tumpang, poncokusumo, kepanjen, jombang dan pekalongan.

Mengenai kurikulum Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS, yang dipakai adalah kurikulum gabungan antara kurikulum Darul Mustofa dan kurikulum yang disusun langsung oleh Al Maghfurlah Al Habib As Sayyid Alwy bin Salim Alaydrus sendiri.

Demikian sekilas tentang Pondok Pesantren DARUTTA`LIM WAD DA`WAH AL HABIB ALWY BIN SALIM ALAYDRUS, Semoga apa yang dicita-citakan oleh Almarhum Al Maghfurlah Al Habib As Sayyid Alwy bin Salim Alaydrus dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Amin

Wallahulmuwaafiq.